Langsung ke konten utama

Anatomi Mata Bagian-bagian mata insan dan Fungsinya Yang Lengkap dengan Gambar - Eye Anatomy

Anatomi Mata . Mata merupakan salah satu alat indra tubuh kita yang penting sekali untuk mengetahui benda sekeliling kita . Dengan mata kita mampu melihat semua yang ada didi jagat raya ini. Mata sangat membantu sekali untuk mendukung aktifitas kehidupan kita. dengan mata kita mampu melihat keindahan alam . Mata berperan penting dalam acara apapu sehingga kita harus pandai-pandai memelihara dan menjaganya semoga kita semakin cinta ke mata maka di sini akan saya bahas ihwal bagian-bagian mata insan .

Anatomi Mata atau Bagian-bagian mata insan dan Fungsinya

 Mata merupakan salah satu alat indra tubuh kita yang penting sekali untuk mengetahui bend Anatomi Mata Bagian-bagian mata insan dan Fungsinya Yang Lengkap dengan Gambar - Eye Anatomy
     anatomi mata
Adapun Ilmu yang membahas dan mengkaji susunan bagian-bagian pada mata ini disebut dengan Anatomi Mata. Bagian-bagian cukup banyak diantaranya : Badan bening (mata), Beranda depan (mata), Fovea, Kornea, Koroid, Lensa mata, Otot siliaris, Plica semilunaris dari konjungtiva, Pupil, Reseptor warna, Retina, Sel batang (penglihatan), Sel fotoreseptor, Selaput pelangi, dan Sklera .

Baiklah mari kita lihat pemabahasannya secara rinci di bawah ini :

Beranda depan (mata)


Beranda depan, dalam bahasa inggris dinamakan Aqueous humor, merupakan cairan berlendir yang transparan mirip plasma, namun memiliki konsentrasi protein yang rendah. Cairan ini dihasilkan oleh tubuh siliari, struktur yang mendukung lensa.

Fungsi Beranda depan


tubuh beranda mata mempunyai banyak sekali fungsi, antara lain :

  1. Menjaga tekanan intraocular dan memompa bola mata.
  2. Menyediakan nutrisi (seperti asam amino, gkukosa) untuk selaput pembuluh darah serta kornea, jaringan Trabekular, lensa mata serta jaringan Vitreous.
  3. Menyalurkan Vitamin C sebagai anti oksidan.
  4. Sebagai antibodi melawan patogen.
  5. Sebagai pompa bagi kornea untuk mengembang untuk meningkatkan santunan dari debu, udara, serbuk dan beberapa patogen. dan
  6. Sebagai indek bias.

Badan bening (mata)

Vitreous humor merupakan gel yang mengisi ruang antara lensa mata dan retina di dalam bola mata insan atau vebrata lainnya.
adegan ini juga sering disebut dengan nama tubuh vitreous atau vitreous

Vitreous memiliki karakteristik tidak berwarna, transparan, mengisi ruang antara lensa mata dan retina ke arah belakang mata. Vitreous diproduksi oleh beberapa sel selaput jala. Komposisinya hampir sama dengan kornea tetapi hanya memiliki sangat sedikit sel (kebanyakan fagosit yang menghilangkan serpihan sel dalam area visual), tanpa pembuluh darah, dan 98-99% volumenya terdiri dari air (kornea 75%) dengan garam, gula, vitrosin, rangkaian kolagen dan juga susunan protein dalam jumlah mikro.

Yang tampak begitu mengagumkan dari vitreous yaitu meskipun ia hanya memiliki sangat sedikit zat yang padat, ia dapat menahan mata. Disisi lain, lensa mata terikat erat dengan sel. Meski demikian vitreous memiliki kekentalan dua hingga empat kali kekentalan air murni

Fovea

Fovea merupakan adegan dari anatomi mata yang terletak di tengah-tengah makula .Fovea yaitu depresi kecil pada retina bersahabat disk optik. Fovea memiliki konsentrasi tinggi cone. Ini yaitu adegan dari retina di mana ketajaman visual yang terbesar.Parafovea yaitu sabuk daerah sel ganglion terbentuk dengan jumlah lebih dari lima baris sel, juga adegan sel kerucut yang memiliki densitas paling tinggi. Parafovea memiliki 50 sel kerucut per 100 mikrometer, pada insan parafovea memiliki jarak 1¼ mm dari pusat fovea.

Perifovea yaitu adegan luar daerah sel ganglion terdiri dari dua hingga empat baris sel, dan di adegan ini ketajaman visual kurang optimum. Perifovea hanya memiliki 12 sel kerucut per 100 mikometer, pada insan parafovea memiliki jarak 2¾ mm dari pusat fovea.

Koloroid


Koloroid merupakan membran berwarna cokelat, atau lapisan pembuluh darah pada mata yang terletak di atara retina dan sklera, ia melapisi permukaan dalam sklera. Koloroid mempunyai fungsi mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina dan bacan beling serta mencegah refleksi internal carahaya
Secara umum Struktur koroid dibagi menjadi empat lapisan yaitu :
  1. Lapisan Haller, merupakan adegan terluar dari koroid, memiliki diameter pembuluh darah yang paling besar.
  2. Lapisan Sattler, merupakan Lapisan dengan pembuluh darah menengah.
  3. Koriokapilaris, merupakan Lapisan kapiler.
  4. Membran bruch, merupakan Bagian terdalam dari lapisan koroid


Sklera

Sklera atau selaput keras atau selaput putih yaitu lapisan luar mata yang memiliki karakteristik berwarna putih, berserat, tembus cahaya, elastis dan mengandung kolagen. Sklera pada mata manusia, keseluruhan berwarna putih, kontras dengan adegan iris yang berwarna, sedangkan pada mamalia lain, adegan sklera yang terlihat memiliki warna yang sama dengan warna iris, sehingga mata mereka terlihat tidak memiliki warna putih.

Dalam usia perkembangan embrio, sklera terbentuk dari puncak saraf. Pada anak-anak, sklera berbentuk sangat tipis dan terlihat warna kebiruan pada dasar pigmen. kemudian dikala menginjak usia yang semakin tua, tumpukan lemak pada sklera dapat membuatnya terlihat sedikit kuning.

Ya itulah penjelasan mengenai anatomi mata, semoga mampu menambah pengetahuan kamu.

Selaput bening

Pada adegan depan bola mata, sklera berlanjut ke kornea. Kornea yaitu adegan transparan berbentuk kubah pada bola mata. Sinar cahaya dari dunia luar pertama melewati kornea sebelum mencapai lensa. Bersama dengan lensa, kornea bertanggung jawab menfokuskan cahaya pada retina.

Ruang anterior


Ruang antara kornea dan lensa dikenal sebagai ruang anterior. Itu diisi dengan cairan yang disebut akueous humor. Ruang anterior juga dikenal sebagai rongga anterior.

Akueous humor

Aqueous humor yaitu suatu cairan transparan yang beredar di ruang anterior. Ini menyediakan oksigen dan nutrisi ke adegan dalam mata dan memberi tekanan cairan yang membantu mempertahankan bentuk mata. Pada aqueous humor diproduksi oleh tubuh siliaris.
Ruang posterior

Ruang posterior yaitu area yang lebih besar daripada ruang anterior. Hal ini terletak berlawanan dengan ruang anterior di belakang lensa. Ruang posterior diisi dengan cairan yang disebut vitreous humor. Ruang posterior juga disebut sebagai tubuh Vitreous mirip yang ditunjukkan dalam diagram di atas – anatomi mata.

Vitreous humor

vitreous Humor yaitu cairan mirip jeli transparan yang mengisi ruang posterior. Tekanan cairannya yang membuat lapisan retina ditekan bahu-membahu untuk mempertahankan bentuk mata dan untuk menjaga fokus yang tajam pada gambar retina.
Iris

Koroid berlanjut di depan bola mata untuk membentuk Iris. Iris yaitu struktur datar, tipis, berbentuk cincin menempel ke ruang anterior. Ini yaitu adegan yang mengidentifikasi warna mata seseorang. Iris berisi otot melingkar yang mengelilingi pupil dan otot radial yang memancar ke arah pupil. Ketika kontraksi otot melingkar mereka membuat pupil lebih kecil, ketika kontraksi otot radial, mereka yang membuat pupil lebih luas.

Otot siliaris

Otot-otot siliaris terletak di dalam korpus siliaris. Ini yaitu otot-otot yang terus-menerus mengubah bentuk lensa untuk penglihatan bersahabat dan jauh. Lihat diagram anatomi mata atas.

Korpus siliaris

Koroid berlanjut di depan bola mata untuk membentuk tubuh siliaris. Ini menghasilkan aqueous humor. Korpus siliaris juga berisi otot-otot siliaris berkontraksi atau rileks untuk mengubah bentuk lensa.

Zonules

Ini zonule juga dikenal sebagai ligamen suspensorium yaitu sebuah cincin dari serat yang kecil yang memegang lensa tersuspensi di tempat. Ini menghubungkan lensa ke tubuh siliaris dan memungkinkan lensa untuk berubah bentuk.

Lensa

Lensa yaitu piringan transparan cembung ganda yang terbuat dari protein yang disebut crystalline. Hal ini terletak sempurna di belakang iris dan memfokuskan cahaya ke retina. Pada manusia, lensa berubah bentuk untuk penglihatan bersahabat dan jauh.

Pupil

Pupil yaitu lubang di tengah iris yang terletak di depan lensa. Setiap kali perlu memasukkan lebih banyak cahaya ke bola mata, otot-otot akan kontraksi iris mirip diafragma kamera untuk menambah atau mengurangi ukuran pupil.

Retina

Retina yaitu lapisan terdalam lapisan adegan belakang bola mata. Ini yaitu adegan peka cahaya mata. Retina berisi fotoreseptor semoga mendeteksi cahaya. Fotoreseptor ini dikenal sebagai cone (sel berbentuk kerucut) dan rod (sel berbentuk batang). Cone memungkinkan kita untuk mendeteksi warna sementara rod memungkinkan kita untuk melihat dalam cahaya yang kurang. Retina terdiri dari sel-sel saraf semoga mengirimkan sinyal dari retina ke otak.

Ini saraf optik terletak di adegan belakang hingga bola mata. Ini berisi akson dari retina sel ganglion (sel-sel saraf retina) dan mengirimkan impuls dari retina ke otak.

Disk optik

Impuls ditransmisikan ke otak dari adegan belakang ke bola mata pada disk optik juga disebut bintik buta. Hal ini disebut titik buta karena tidak mengandung fotoreseptor, maka setiap cahaya yang jatuh di atasnya tidak akan terdeteksi.

Otot mata

Otot-otot mata yang sangat berpengaruh dan efisien, mereka bekerja sama untuk memindahkan bola mata dalam aneka macam arah. Otot-otot utama mata yaitu rektus lateral, rektus medial, rektus superior dan rektus inferior.

Arteri sentral dan Vena

Arteri sentral dan vena berjalan melalui pusat saraf optik. Arteri retina sentral sebagai pemasok sementara vena sentral mengaliri retina. Dalam diagram di atas – anatomi mata, arteri yang ditampilkan dalam warna merah sementara vena ditunjukkan dengan warna biru.

Saluran air mata

Ini yaitu sebuah tabung kecil yang berjalan dari mata ke rongga hidung. Air mata mengalir dari mata ke hidung melalui akses air mata. Inilah sebabnya mengapa mata berkaca-kaca biasanya disertai dengan hidung meler.

Itulah Anatomi mata atau adegan serpihan mata semoga artikel ini mampu manfaat buat sahabat yang sedang mempelajari materi ihwal anatomi mata

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Obat Penenang Di Apotik Yang Dijual Bebas Paling Banyak Dipakai serta Bahayanya

Obat Penenang Di Apotik Yang Mudah Ditemui - Obat penenang merupakan obat yang digunakan untuk menenangkan keadaan pasien tertentu ketika sedang dalam keadaan tidak stabil. Keadaan tidak stabil yang dimaksud ialah adanya kecemasan. bukan saja itu, umumnya obat penenang digunakan juga ketika sedang ada prosedur menyakitkan dan akan dilakukan dokter, misalnya ketika hendak oprasi. Adapun Kandungan-kandungan dalam obat penenang berupa zat yang dapat menginduksi sedasi dengan cara mengurangi kegembiraan. Bila digunakan dengan dosis yang tinggi maka dapat menjadikan gerakan mengejutkan, dan beberapa hal buruk bagi kesehatan sehingga tidak disarankan mengkonsumsi obat ini tanpa awasan dokter anda . Obat Penenang Di Apotik Yang Mudah Ditemui Berikut inilah  beberapa jenis obat penenang yang dijual bebas di apotik terdekat anda. 1. Promethazine Obat penenang di apotik pertama yaitu Promethazine yang termasuk dalam golongan antihistamin. Sebenarnya obat ini termasuk obat resep yang

Harga Dan Manfaat Curcuma Plus Emulsion Dan DHA Untuk Bayi 1 Tahun

Fungsi Vitamin Curcuma Plus Untuk Anak 1 Tahun - Saat ini kita sering sekali menerima dan disuguhi iklan banyak sekali macam produk perhiasan vitamin dan sudah beredar di sekitar kita. Suplemen ibarat ini menjadi mampu penting kadang bagi bawah umur ketika usia pertumbuhan. Sebab usia-usia tersebut sangatlah membutuhkan bantuan vitamin yang maksimal untuk pertumbuhan dan daya tahan badan seorang anak . Terlebih perhiasan ini menggunakan bahan-bahan herbal alami yang tidak membahayakan jikalau dikonsumsi. Bahkan dengan minum kukurma plus mampu membuat kesehatan badan tetap terjaga dengan baik tanpa adanya kekurangan vitamin yang diharapkan tubuh. Macam-macam curcuma plus emulsion Salah satunya diantara produk-produk perhiasan atau multivitamin yang mudah Anda temukan dimana-mana yaitu Curcuma Plus. Produk yang produksi dari bahan-bahan dasar herbal alami ini termasuk banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia luas alasannya yaitu memang banyak sekali fungsi Curcuma Plus sesuai de

Harga Dan Manfaat Nourish Skin Ultimate Dan Nuriskin Ultimate Untuk Umur Berapa?

Revieu Nourish skin ultimate untuk Jerawat - Mempunyai kulit halus dan lembut sudah menjadi idaman bagi semua kaum wanita termasuk anda tentunya . Kulit bersih tanpa infeksi selalu menjadi dambaan termasuk pria, apalagi bagi Anda yang sedang dalam masih remaja menuju dewasa. Dengan penampilan kulit halus dan lembut akan menunjukkan performa wajah yang menarik dan seolah terlihat infinit muda.  Oleh alasannya ialah itu, kulit perlu untuk selalu jaga dan dirawat karena hampir seluruh kegiata sehari-hari yang kita lakukan bersentuhan dengan polusi udara kotor. Polusi udara menempel kulit wajah dapat mensugesti kesehatan kulit wajah.  Tanpi bekerjsama tidak perlu terlalu risau karena Nourish skin ultimate hadir sebagai suslusi gres bagi permasalahan kulit wajah bagus Anda. Apa sih Manfaat Nourish Skin Ultimate Nourish skin ultimate ialah salah satu dari perhiasan yang dipercaya memiliki khasiat dalam mengatasi jerawat, flek hitam, dan kerutan-kerutan yang muncul pada wajah