Langsung ke konten utama

Pengertian Penyakit Neuritis , Penyebab Dan Pencegahannya Beserta Gambarnya


Penyakit Neuritis optik ialah suatu kondisi dimana adanya problem pada saraf optik yang berperan penting dalam membawa impuls penglihatan ke otak. Masalah tersebut terjadi menyerupai adanya peradangan serta adanya kerusakan pada sarung myelin yang membungkus saraf tersebut. Dalam dunia medis, problem ini juga kerap disebut sebagai demielinisasi. Biasanya, kondisi ini seringkali terjadi pada salah satu mata saja dengan persentase sebanyak 70% sehingga muncul gangguan penglihatan yang cukup progresif dan cepat walaupun sifatnya terbilang sementara. Bahkan, hanya sekitar 30% saja kasus menawarkan bahwa hal ini bisa terjadi pada kedua mata. Masalah neuritis optik seringkali menyerang remaja muda mulai dari usia 30-an. Dalam penelitian menawarkan bahwa 75% penderitanya ialah kaum wanita.

Pengertian Penyakit Neuritis , Penyebab Dan Pencegahannya Beserta Gambarnya

Adapun defenisi Penyakit Neuritis udah dijelasin diatas sekarang tinggal membahas ihwal gejala, penyebab dan pencegahan Penyakit Neuritis .

  optik ialah suatu kondisi dimana adanya problem pada saraf optik yang berperan penting  Pengertian Penyakit Neuritis , Penyebab Dan Pencegahannya Beserta Gambarnya

Gejala Penyakit Neuritis

Biasanya, penderita akan mencicipi beberapa gejala karena munculnya Neuritis Optik menyerupai rasa nyeri ketika hendak menggerakkan mata, kemampuan melihat yang mulai berkurang atau hilang dan bahkan bisa dalam kondisi ringan atau berat baik pada satu atau dua mata. Bahkan, kondisi yang dialami penderita bisa berubah semaki berat hanya dalam jangka waktu 1 sampai 2 hari. Kemampuan penglihatan yang paling buruk bisa mendekati hampir buta total. Sebab, kondisi penglihatan warna menjadi ikut terkena walaupun dalam hal ini tidak dapat dengan mudah disadari oleh penderita.

Penyebab Penyakit Neuritis

Penderita yang mengalami kerusakan saraf di adegan saraf optik terutama di belakang bola mata maka memiliki Penyakit Neuritis Retrobulbar. Biasanya, penyakit ini erat hubungannya dengan penyakit sklerosis multiple. Adanya peradangan saraf optik dan juga edema atau pembengkakan muncul disebabkan oleh tekanan intracranial terutama di lokasi saraf masuk dalam bola mata. Dengan adanya peradangan, maka disebut papilitis.

Lantas, apa penyebab sakit ini?

Penyakit ini sering terjadi pada orang remaja dengan rentang usia mulai dari 20 sampai 40 tahun. Umumnya, neuritis optik muncul karena adanya penyakit sklerosis multipel. Sedangkan untuk penyebab lainnya bisa dikarenakan adanya infeksi jamur, virus, ensefalomielitis, tumor atau penyakit-penyakit otoimun yang membuat saraf penglihatan mengalami penekanan. Atau, bisa juga dikarenakan adanya penyakit-penyakit pembuluh darah menyerupai misalnya radang arteri temporal. Penyebab lainnya dari Penyakit Neuritis optik ialah terkena materi kimia beracun menyerupai timah hitam dan methanol yang merusak saraf optik. Selain itu, kerusakan pada saraf optik yang disebabkan oleh Neuritis optik umumnya akan membaik dengan sendirinya.
Tidak hanya itu, bahkan penyebab Neuritis optik yang mungkin terjadi tapi jarang ialah karena diabetes, anemia permisiosa, penyakit Graves, cedera atau reaksi alergi karena terkena sengatan lebah. Tetap saja, problem Neuritis Optik seringkali tidak diketahui penyebabnya.

Terapi dan Pengobatan Penderita Penyakit Neuritis

Beberapa kasus menunjukkan, bahwa penderita akan diberikan obat-obatan steroid yang bekerja untuk mengobati Neuritis optik dan berperan dalam mengurangi problem peradangan pada saraf optik. Namun, sebelum mendapatkan semua obat tersebut, penderita akan diberikan pemeriksaan terlebih dahulu. Penyakit Neuritis pada penderita akan dilakukan pemeriksaan mata menyerupai melaksanakan pemeriksaan reaksi pupil dan juga oftalmoskopi. Bahkan, penderita juga dapat disarankan untuk melaksanakan pemeriksaan MRI atau Magnetic Resonance Imaging yang dibutuhkan dapat menawarkan munculnya sklerosis multipel atau menawarkan adanya tumor yang dapat menekan saraf optik. Walau kasus ini jarang terjadi, tetap saja masih ada persentasi kecil.

Jika penderita menggunakan pengobatan steroid, maka terdapat efek samping menyerupai kenaikan berat badan, mood yang berubah, gangguan lambung dan bahkan insomnia. Untuk problem terapi atau pengobatan yang dijalankan, memang semua tergantung dari penyebab penyakit tersebut.

Misalnya saja, jikalau penyebab Neuritis Optik karena infeksi virus, gangguan penglihatan yang terjadi tidak membutuhkan pengobatan apapun, alasannya jikalau disebabkan oleh virus maka bisa membaik dengan sendirinya. Namun, jikalau disebabkan oleh materi beracun, maka hanya bisa disembuhkan jikalau sumber atau kontak racun tersebut dapat dihindari oleh penderitanya. Tetapi, jikalau penyebabnya ialah tumor, maka penderita harus mendapatkan perawatan guna menghilangkan tumor tersebut supaya saraf optik tidak tertekan kembali oleh tumor yang muncul. Untuk gangguan penglihatan yang terjadi, penderita dapat memperoleh sumbangan dengan menggunakan alat bantu khusus misalnya jam tangan yang bisa bersuara atau dengan menggunakan beling pembesar.

Selain itu, jikalau memang hasil pemeriksaan menawarkan bahwa penderita memiliki penyakit ini yang tidak disebabkan oleh virus dan harus melaukukan steroid untuk pengobatan, hal tersebut bisa dengan steroid intravena, dimana penderita akan mendapatkan terapi selama beberapa hari. Terapi ini ditujukan biar penderita dapat memulihkan penglihatannya dengan lebih cepat.

Setelah terapi steroid intravena berjalan, dokter bisa saja meminta adanya terapi steroid oral misalnya prednisone dalam waktu 2 minggu.
Jika terapi steroid telah gagal dan bahkan penderita mengalami hilangnya penglihatan yang berat dan terus berlanjut, maka akan ada pengobatan lain yang juga disebut sebagai plasma exchange therapy supaya penderita dapat memulihkan kembali penglihatannya. Baca juga artikel kesehatan mata sebelumnya: Jenis-Jenis Gangguan Pada Mata Dan Penyebabnya beresta Cara Mencegahnya

Pencegahan Penyakit Neuritis

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan guna mencegah adanya problem Neuritis dalam penglihatan anda sehingga kedepannya, mata anda tetap berfungsi secara normal dan baik. Berikut beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan:
  1. Pastikan jikalau anda tidak mengalami benturan pada adegan tubuh terutama di kepala atau leher. Dua adegan tubuh ini dilengkapi dengan sistem saraf yang paling banyak jikalau dibandingkan pada adegan tubuh lainnya.
  2. Sering mengkonsumsi buah sirsak dan manggis. Dua buah tersebut sangat penting perannya karena banyaknya kandungan atau zat-zat yang dapat bekerja maksimal untuk perbaikan saraf.
  3. Jika anda mengalami problem dengan penglihatan anda, pastikan jikalau anda mendapatkan pengobatan dini biar dapat mencegah problem kerusakan permanen pada saraf mata.
  4. Walaupun mata anda menurut anda dalam kondisi normal dan baik-baik saja, disarankan untuk rutin memeriksakan mata supaya mata tetap sehat dan bekerja optimal.
  5. Jika anda memiliki tumor di kepala, pastikan jikalau anda mendapatkan penanganan semenjak dini biar tidak mensugesti kinerja sistem saraf optik sehingga anda tidak mengalami problem penglihatan.

Maka dari itu, pengobatan sangat amat disarankan terutama jikalau anda merasa gejala di atas meningkat dan memburuk. Bahkan, jikalau anda mengalami gejala berat yang tidak biasa muncul dan berkaitan dengan gangguan saraf misalnya menyerupai merasa lemah dan tungkai mati rasa. Tentu saja, jikalau penderita mengalami kehilangan penglihatan, semua masih bisa dipulihkan menyerupai dalam beberapa kasus. Sebab, dalam Penyakit Neuritis, resiko kehilangan penglihatan tidaklah tinggi. Tetapi, karena penyakit ini bisa kambuh lagi, dianjurkan biar segera melaporkan pada dokter dengan melaksanakan konsultasi sesering mungkin.

Demikian ulasan lengkap dari caramengobatisakitmata.blogspot.com/tentang pengertian Penyakit Neuritis, penyebab dan pencegahannya. Pastikan jikalau anda melaksanakan pengobatan semenjak dini ketika mengalami gangguan penglihatan biar mendapatkan penanganan cepat supaya penglihatan tidak terganggu dan kegiatan anda tidak terhambat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Obat Penenang Di Apotik Yang Dijual Bebas Paling Banyak Dipakai serta Bahayanya

Obat Penenang Di Apotik Yang Mudah Ditemui - Obat penenang merupakan obat yang digunakan untuk menenangkan keadaan pasien tertentu ketika sedang dalam keadaan tidak stabil. Keadaan tidak stabil yang dimaksud ialah adanya kecemasan. bukan saja itu, umumnya obat penenang digunakan juga ketika sedang ada prosedur menyakitkan dan akan dilakukan dokter, misalnya ketika hendak oprasi. Adapun Kandungan-kandungan dalam obat penenang berupa zat yang dapat menginduksi sedasi dengan cara mengurangi kegembiraan. Bila digunakan dengan dosis yang tinggi maka dapat menjadikan gerakan mengejutkan, dan beberapa hal buruk bagi kesehatan sehingga tidak disarankan mengkonsumsi obat ini tanpa awasan dokter anda . Obat Penenang Di Apotik Yang Mudah Ditemui Berikut inilah  beberapa jenis obat penenang yang dijual bebas di apotik terdekat anda. 1. Promethazine Obat penenang di apotik pertama yaitu Promethazine yang termasuk dalam golongan antihistamin. Sebenarnya obat ini termasuk obat resep yang

Harga Dan Manfaat Curcuma Plus Emulsion Dan DHA Untuk Bayi 1 Tahun

Fungsi Vitamin Curcuma Plus Untuk Anak 1 Tahun - Saat ini kita sering sekali menerima dan disuguhi iklan banyak sekali macam produk perhiasan vitamin dan sudah beredar di sekitar kita. Suplemen ibarat ini menjadi mampu penting kadang bagi bawah umur ketika usia pertumbuhan. Sebab usia-usia tersebut sangatlah membutuhkan bantuan vitamin yang maksimal untuk pertumbuhan dan daya tahan badan seorang anak . Terlebih perhiasan ini menggunakan bahan-bahan herbal alami yang tidak membahayakan jikalau dikonsumsi. Bahkan dengan minum kukurma plus mampu membuat kesehatan badan tetap terjaga dengan baik tanpa adanya kekurangan vitamin yang diharapkan tubuh. Macam-macam curcuma plus emulsion Salah satunya diantara produk-produk perhiasan atau multivitamin yang mudah Anda temukan dimana-mana yaitu Curcuma Plus. Produk yang produksi dari bahan-bahan dasar herbal alami ini termasuk banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia luas alasannya yaitu memang banyak sekali fungsi Curcuma Plus sesuai de

Harga Dan Manfaat Nourish Skin Ultimate Dan Nuriskin Ultimate Untuk Umur Berapa?

Revieu Nourish skin ultimate untuk Jerawat - Mempunyai kulit halus dan lembut sudah menjadi idaman bagi semua kaum wanita termasuk anda tentunya . Kulit bersih tanpa infeksi selalu menjadi dambaan termasuk pria, apalagi bagi Anda yang sedang dalam masih remaja menuju dewasa. Dengan penampilan kulit halus dan lembut akan menunjukkan performa wajah yang menarik dan seolah terlihat infinit muda.  Oleh alasannya ialah itu, kulit perlu untuk selalu jaga dan dirawat karena hampir seluruh kegiata sehari-hari yang kita lakukan bersentuhan dengan polusi udara kotor. Polusi udara menempel kulit wajah dapat mensugesti kesehatan kulit wajah.  Tanpi bekerjsama tidak perlu terlalu risau karena Nourish skin ultimate hadir sebagai suslusi gres bagi permasalahan kulit wajah bagus Anda. Apa sih Manfaat Nourish Skin Ultimate Nourish skin ultimate ialah salah satu dari perhiasan yang dipercaya memiliki khasiat dalam mengatasi jerawat, flek hitam, dan kerutan-kerutan yang muncul pada wajah