Langsung ke konten utama

Macam-Macam Kelainan Pada Mata Manusia Beserta Gambarnya Dan Cara Mengatasinya

Kelainan Pada Mata . Mata merupakan salah satu indera yang sangat vital bagi manusia. Maka dari itu, penting bagi kita semuanya untuk menjaga kesehatan mata. Jika tidak, tentu mata akan mudah terserang penyakit. Mata ialah indera yang sangat sensitif sekali dan rawan luka, sehingga jikalau seseorang mengalami luka ini akan menimbulkan kelainan pada mata.

Macam-Macam Kelainan Pada Mata Manusia Beserta Gambarnya Dan Cara Mengatasinya

 Mata merupakan salah satu indera yang sangat vital bagi insan Macam-Macam Kelainan Pada Mata Manusia Beserta Gambarnya Dan Cara Mengatasinya
Dalam artikel kali ini kita akan membahas perihal kelainan pada mata, baik mulai dari factor, macam-macam kelianan mata, dan juga cara merawat serta mengatasi kelaianan pada mata tersebut. Kita harus paham apa arti pentingnya organ mata dalam kehidupan kita. Sehingga kita pun juga akan sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan mata.

Berkaitan dengan penyakit kelainan mata ini, ternyata penyakit mata juga sangat beragam. Tidak semua penyakit mata itu menular. Jika penyakit mata tersebut disebabkan oleh virus ataupun bakteri, maka penyakit tersebut dapat menular. Adapun sakit mata yang dikarenakan alergi, maka itu tidak dapat menular.
Kedua faktor penyebab penyakit mata tersebut tentu memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan macam-macam kelainan pada mata yang dapat Anda ketahui:

9 Macam-macam Kelainan Pada Mata

1. Miopi atau Rabun Jauh.
Miopi ialah salah satu macam kelainan pada mata yang tidak dapat melihat dengan terang objek dari jarak jauh, atau bisa disebut dengan rabun jauh. Adapun penyebabnya ialah bola mata yang terlalu jauh atau lensa yang terlalu cembung, sehingga hal tersebut membuat banyangan jauh di depan retina.

2. Hipermetropi atau Rabun Dekat.
Kelainan pada mata Hipermetropi ini justru kebalikan dari rabun jauh. Hipermetropi ini ialah salah satu gangguan penyakit mata yang dapat membuat penderita tidak dapat melihat dalam jarak dekat. Rabun erat atau Hipermetropi ini biasanya disebabkan bola mata yang terlalu pendek dan erat dengan lensa mata yang terlalu pipih.

3. Rabun Senja.
Kelainan Pada Mata Manusia selanjutnya yaitu rabun senja . Penderita rabun senja membuat sipenderita mengalami keselitan di dalam melihat dikala malam hari. Seseorang yang memiliki kelainan rabun senja ini biasanya disebabkan kurangnya mengkonsumsi vitamin A.

4. Buta Warna.
Kelainan pada mata buta warna ini ialah kelaianan yang tidak bisa membedakan warna tertentu. Kelainan mata ini kebanyakan memang biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan yang artinya sangat sulit untuk disembuhkan.

         Baca juga:Cara Tes Buta Warna Parsial Dan Mengatasinya hingga Bisa Sembuh

5. Mata Tua atau Presbiopia
Kelainan Pada Mata ke lima ialah Presbiopi atau biasa kita sebut sebagai mata tua, hal ini biasanya ditAndai dengan menurunnya kemampuan mata dalam menyesuaikan diri karena factor usianya. Seseorang yang menderita kelaianan ini tidak dapat melihat dengan terang benda jarak erat maupun jauh.

6. Katarak.
kelainan mata ke enam yaitu Katarak disebut juga dengan bular mata. Seseorang yang sedang menderita kelainan mata jenis ini biasanya disebabkan oleh lensa mata yang keruh. Sehingga masuknya cahaya pada retina menjadi terhalang. Adapun penderita katarak ini biasanya berusia di atas 55 tahun.

7. Astigmatisme
Astigmatisme ini sering juga disebut dengan mata silindris. Macam kelainan ini ialah gangguan mata yang disebabkan oleh ukuran lensa mata atau kornea tidak rata. Penderita gangguan pada mata ini tidak bisa melihat garis horizontal dan vertical.

8. Mata Juling.
Kelainan Pada Mata Manusia selanjutnya mata juling . Juling ialah salah satu kelainan mata yang diakibatkan tidak sinkronnya otot-otot mata. Bila penderitanya masih anak-anak, maka juling itu masih bisa diatasi dengan cara operasi mata juling .

9. Glaukoma
Kelainan mata ini ditAndai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata. Tekanan terjadi karena adanya sumbatan pada kanal di dalam bola mata dan pembentukan cairan di bola mata yang berlebihan. Glaukoma merupakan kelainan yang serius. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kebutaan.

       Baca juga: 20 Cara Mengobati Sakit Mata dengan Obat Sakit Mata Alami

Cara Mengatasi Kelaian Pada Mata

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kelainan pada mata. Ada yang dapat disembuhkan dalam waktu yang tidak lama, ada pula yang harus bersabar. Karena tidak semua kelaianan mata dapat diberikan penyembuhan yang total. Tergantung macam dan jenis kelainannya.
Untuk mengatasi rabun jauh (myopia) ialah dengan cara memakai beling mata lensa cekung (kacamata minus). Kacamata minus akan membantu menempatkan bayangan sempurna pada retina. Kemudian jikalau mengatasi pada kelainan rabun erat (hypermetropia) ialah dengan cara memakai beling mata lensa cembung (kacamata plus). Dengan kacamata plus ini sinar yang jatuh di belakang retina akan diposisikan kembali pada retina.

Kemudian untuk mengatasi seseorang yang tengah menderita kelaianan pada mata jenis presbiopia, yang harus dilakukan ialah dengan cara memakai kacamata berlensa rangkap. Lensa yang episode atas berlensa cekung (negatif) dan episode bawah berlensa cembung (positif).
Nah, jikalau seseorang yang menderita rabun senja itu biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Sehingga untuk mengatasi rabun senja ini, penderita harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Lain halnya jikalau mengatasi penderita kelaianan pada mata katarak. Biasanya penderita ini mereka yang berusia di atas 55 tahun. Untuk mengatasinya perlu melaksanakan operasi mata. Selanjutnya jikalau jenis kelainannya astigmatisme dengan memakai beling mata dengan lensa silindris. Beda lagi dengan mata juling, kelainan pada mata juling ini hanya bisa diatasi dengan cara operasi.

Tips Merawat Kesehatan Mata, Agar Terhindar Dari Kelainan Pada Mata

1. Biasakan membaca dengan cara yang benar yakni, posisi mata harus lebih tinggi dari goresan pena yang kita baca dan hindari membaca sambil tiduran.

2. Pada dikala membaca jaga jarak pAndang Anda antara mata dengan goresan pena sekitar 30 cm.

3. Membaca harus ditempat yang cukup cahayanya. Jangan terlalu redup atau terlalu terang.

4. Hindari mata dari asap, debu dan juga kotoran.

5. Menonton televisi jangan terlalu dekat-dekat. Usahakan melihat dengan jarak minimal 3 kali diagonal pesawat televisi kita.

6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

7. Jika mata terasa sakit segera berobat ke dokter.

8. Istirahatkan Mata, usahakan mengistirahatkan mata walau hanya sejenak saja. Jangan terus-terusan memAndang layar laptop, sehingga Anda lupa kapan waktunya istirahat.

9. Jangan Kucek Mata. Usahakan tidak mengucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan mata Anda.

10. Kedipkan mata. Usahakan kerap mengedipkan mata pada dikala fokus melihat sesuatu terlalu lama ibarat komputer ataupun laptop.

11. Konsumsi makanan yang sehat untuk mata. Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, makan misalnya wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Demikian itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini perihal Jenis-jenis kelainan pada mata. Semoga dengan senantiasa merawat kesehatan mata, impian kita semuanya untuk menghindari atau meminimalkan kelainan mata ibarat diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama Obat Penenang Di Apotik Yang Dijual Bebas Paling Banyak Dipakai serta Bahayanya

Obat Penenang Di Apotik Yang Mudah Ditemui - Obat penenang merupakan obat yang digunakan untuk menenangkan keadaan pasien tertentu ketika sedang dalam keadaan tidak stabil. Keadaan tidak stabil yang dimaksud ialah adanya kecemasan. bukan saja itu, umumnya obat penenang digunakan juga ketika sedang ada prosedur menyakitkan dan akan dilakukan dokter, misalnya ketika hendak oprasi. Adapun Kandungan-kandungan dalam obat penenang berupa zat yang dapat menginduksi sedasi dengan cara mengurangi kegembiraan. Bila digunakan dengan dosis yang tinggi maka dapat menjadikan gerakan mengejutkan, dan beberapa hal buruk bagi kesehatan sehingga tidak disarankan mengkonsumsi obat ini tanpa awasan dokter anda . Obat Penenang Di Apotik Yang Mudah Ditemui Berikut inilah  beberapa jenis obat penenang yang dijual bebas di apotik terdekat anda. 1. Promethazine Obat penenang di apotik pertama yaitu Promethazine yang termasuk dalam golongan antihistamin. Sebenarnya obat ini termasuk obat resep yang

Harga Dan Manfaat Curcuma Plus Emulsion Dan DHA Untuk Bayi 1 Tahun

Fungsi Vitamin Curcuma Plus Untuk Anak 1 Tahun - Saat ini kita sering sekali menerima dan disuguhi iklan banyak sekali macam produk perhiasan vitamin dan sudah beredar di sekitar kita. Suplemen ibarat ini menjadi mampu penting kadang bagi bawah umur ketika usia pertumbuhan. Sebab usia-usia tersebut sangatlah membutuhkan bantuan vitamin yang maksimal untuk pertumbuhan dan daya tahan badan seorang anak . Terlebih perhiasan ini menggunakan bahan-bahan herbal alami yang tidak membahayakan jikalau dikonsumsi. Bahkan dengan minum kukurma plus mampu membuat kesehatan badan tetap terjaga dengan baik tanpa adanya kekurangan vitamin yang diharapkan tubuh. Macam-macam curcuma plus emulsion Salah satunya diantara produk-produk perhiasan atau multivitamin yang mudah Anda temukan dimana-mana yaitu Curcuma Plus. Produk yang produksi dari bahan-bahan dasar herbal alami ini termasuk banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia luas alasannya yaitu memang banyak sekali fungsi Curcuma Plus sesuai de

Cara Mengobati Mata Minus dengan Wortel hingga sembuh dengan Jus yang Cepat tanpa Operasi

Cara Mengobati Mata Minus dengan Wortel . Sebelum kau mengobati mata minus yang sekarang kau rasakan perlu kau ketahi bahwa mata minus dapat muncul karena beberapa alasannya dan kebanyakan orang mungkin belum menyadarinya. Pernahkan anda berfikir bahwa mungkin salah satu kebiasaan anda atau kesukaan anda lah yang menjadi penyebab mata minus?  Mungkin ada beberapa dari anda yang menyadarinya dan mungkin juga tidak. Namun, perlu anda ketahui bahawa anda yang menyukai acara di depan computer atau leptop sepertinya perlu berhati-hati karena hal ini pun menjadi salah satu penyebab terbesar mata menjadi minus dan kebanyakan dari anda justru kurang menyadarinya karena sudah terlalu disibukkan dengan acara tersebut. Cara Mengobati Sakit Mata minus dengan jus wortel Jus wortel : Salah satu Cara Menyembuhkan Mata Minus jus wortel yang dapat anda coba yakni dengan rutin melaksanakan terapi dengan jus wortel.  Dalam wortel mengandung beberapa jenis senyawa termasuk vitamin A